Home » » » » » » Review Dan Harga HP Sony Xperia E1 Single-Dual Sim Android Jelly Bean Murah

Review Dan Harga HP Sony Xperia E1 Single-Dual Sim Android Jelly Bean Murah

Kabar baik bagi anda sekalian karena pada tahun 2014 ini Sony mengeluarkan smartphone android yang murah. Harga Sony Xperia E1 dengan versi single dan dual sim hanya dijual dengan harga Rp 1.675.000 dan Rp. 1.775.000 untuk yang dual. Dari peluncuran Xperia E1 terlihat sekali bahwa Sony ingin menggarap pasar kelas bawah pada harga kisaran satu jutaan.

Desain dan Layar
Dilihat dari segi fisiknya, Xperia E1 terlihat sebagai perangkat yang kokoh. Bahan body terbuat dari plastik bertekstur kemudian pada sisi samping disematkan tombol-tombol khas Sony. Body yang kuat menampilkan kesan tahan banting atau cukup kuat ketika secara tidak sengaja terjatuh. Tidak seperti kebanyakan smartphone Xperia, ternyata untuk port microUSB tidak tertutupi sehingga untuk tetap tahan air dan debu. Terdapat tombol menarik pada bagian atas yaitu tombol Walkman yang membuat Anda bisa langsung ke pemutar musik E1 termasuk layanan streaming Sony Music Unlimited. Untuk kualitas suara tidak perlu anda khawatirkan karena sangat baik dan keras.

Sony Xperia E1 menggunakan layar 4 inci menawarkan resolusi 800x480 piksel (233ppi). Dengan kepadatan piksel yang agak rendah ternyata tampilan layar terlihat cukup tajam untuk membaca teks kecil di halaman web. Layar tidak terlalu sensitif namun, sehingga kadang-kadang perlu dilakukan beberapa kali sentuhan ketika akan memindah halaman atau melakukan pergeseran tampilan pada aplikasi-aplikasi tertentu.

Harga Sony Xperia E1

Processor dan Performa
Penggunaan processor dual core 1,2 GHz yang didukung dengan RAM 512MB memang terasa agak kurang ketika kita gunakan untuk membuka banyak aplikasi sekaliagus. Dari hasil pengujian benchmark AnTuTu kami memberikannya 12.863, nilai ini sedikit lebih rendah dibandingkan dengan model dual-core lain seperti ZTE Grand S Flex dan HTC Desire 601. Kadang-kadang memang ada sedikit lag pada aplikasi tertentu namun lag yang terjadi cukup halus dan tidak terlalu mengganggu. Namun, jika Anda suka sudah terbiasa dengan operasi yang cepat dan lincah, sepertinya ini bukan smartphone yang cocok bagi anda.

Untuk keperluan komunikasi data terdapat Wi-Fi onboard, selain untuk menyambung ke jaringan internet Anda dapat menggunakannya sebagai hotspot Wi-Fi untuk berbagi link dengan perangkat lain seperti tablet atau smartphone teman. Sebagai smartphone murah yang cukup menarik adalah daya tahan baterai terbukti cukup baik meskipun dipakai seharian dan membuka banyak aplikasi maupun main game.

Kamera
Penggunaan kamera 3.15 megapiksel cukup mengejutkan mengingat biasanya Sony selalu memberikan kamera yang lebih besar resolusinya. Kamera ini tampil cukup minimalis tanpa autofocus atau flash dan tidak memiliki banyak fitur keren yang bisa anda dapatkan pada smartphone Sony lainnya. Beberapa fitur yang masih ada adalah adanya HDR, panorama, auto scene recognition, touch capture dan zoom digital 4x. Kualitas gambar yang dihasilkan kamera Sony E1 ini bisa dibilang lumayan untuk kelasnya, dengan warna realistis dan tingkat wajar mengingat detail spec rendah. Selain itu masih terdapat juga kamera VGA sebagai kamera sekunder untuk panggilan video pada bagian depan. Memori internal yang disediakan juga tidak terlalu besar, hanya ada memori 4GB, meskipun Anda dapat meningkatkan kapasitas hingga 32GB melalui kartu microSD.

Kesimpulan
Sony Xperia E1 adalah smartphone sederhana dengan berbagai fitur yang wajar untuk harga yang murah. Layar yang cukup enak dilihat, namun prosesor lamban dan kita benar-benar kehilangan kualitas kamera dan waterproofing yang menjadi salah satu ciri khas seri Xperia. Dilihat dari harga yang ditawarkan memang ini sebenarnya sudah sangat sesuai tetapi ada banyak smartphone Android yang lebih murah, termasuk Motorola Moto G misalnya dengan spek kurang lebih sama.

Spesifikasi Sony Xperia E1
Jaringan
2G: GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - all versions
3G: HSDPA 850 / 1900 / 2100 - D2104/D2114, HSDPA 900 / 2100 - D2105

Layar
Tipe TFT Capacitive Touch Screen, 16M colors
480 x 800 pixels, 4.0 inches (~233 ppi pixel density)

Ukuran
118 x 62.4 x 12 mm / 122 gram

Memory
512 MB RAM
Internal 4 GB 
Eksternal Up to 32 GB

Komunikasi Data
3G HSDPA, 21 Mbps, HSUPA, 5.76 Mbps
EDGE Up to 237 kbps
GPRS Up to 86 kbps
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot
Bluetooth v4.0 With A2DP
USB/Port MicroUSB v2.0

Kamera
Primer: 3.15 MP, 2048 x 1536 pixels
Video Record: WVGA @30fps

Fitur
OS Android v4.3 (Jelly Bean)
CPU Dual-core 1.2 GHz Cortex-A7
Browser HTML5
GPS With A-GPS Support and GLONASS
Messaging: SMS (Threaded View), MMS, Email, IM, Push Email
Fitur Tambahan
Java MIDP emulator, SNS Integration, Active Noise Cancellation With Dedicated Mic, Box (50 GB Lifetime Cloud Storage), Document Viewer, Photo Viewer / Editor, Voice Memo / Dial. Predictive Text Input
Fitur Lain: Dual Sim 

Audio dan Video
Vibration, MP3 Ringtones, 3.5 mm Jack Audio
Video Player: XviD / MP4 / H.263 / H.264 Player
MP3 Player: MP3 / eAAC+ / WMA / WAV Player

Baterai
Li-Ion 1750 mAh
Talk Time: Up to 8 h 13 min (2G) / Up to 8 h 41 min (3G)
Standby: Up to 366 h (2G) / Up to 441 h (3G)


Share this article :
 
Copyright © 2013. Handphone dan Smartphone Sony Xperia - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger